SILABUS MATERI PELATIHAN PENDAMPING MEDIA SEKOLAH
No. |
Materi |
Sub materi |
Target |
1. |
Orientasi |
a. tujuan pelatihan b. Disepakati jadwal pelatihan c. Saling kenal antar peserta |
– Peserta mampu memahami tujuan, target dan alur dari pelatihan – Peserta dapat mengetahui dan mengikuti jadwal pelatihan – Peserta saling mengenal antar warga pelatihan |
2. |
Pemetaan/ invertarisasi pengalaman mengelola media/ jurnalistik |
a. peta peserta dan pengalaman mengelola media sekolah/ jurnalistik b. Dipahami hal-hal pokok tentang perintisan, penerbitan dan pengembangan kualitas media sekolah |
– Mengetahui peta peserta dan pengalaman mengelola media sekolah – Peserta mampu merintis media sekolah – Peserta mampu menerbitkan media sekolah – Peserta mengembangkan media sekolah |
3. |
Teori-teori media sekolah |
a. Teori jurnalistik b. Berita-feature-artikel: persamaan dan perbedaan c. Bahasa Indonesia jurnalistik dan penyutingan |
– Peserta mampu memahami, pengertian, ruang lingkup, sejarah dan manfaat jurnalistik – Peserta mampu memahami jenis-jenis (berita, feature, artikel) |
4. |
Pendampingan media sekolah |
a. Masalah-masalah yang dihadapi pendampingan b. Materi-materi dalam pendampingan c. Kesiapan dan kompetensi pendamping |
– Peserta mampu memetakan masalah-masalah yang dihadapi saat melakukan pendampingan – Peserta mampu menyiapkan materi yang dibutuhkan saat melakukan pendampingan – Peserta mampu mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan saat menjadi pendamping |
5. |
Produksi media sekolah (teori) |
a. Dasar-dasar desain halaman b. Tiga desain standar: A4, ½A4, alternatif (minimagz) c. Membuat dummy d. Menggabung foto dan teks e. Cetak-mencetak dan pilihan harga |
– Peserta dapat melakukan pendasaian halaman – Peserta mampu memilih standar ukuran yang akan digunakan – Peserta mampu membuat dummy – Peserta mampu merangkai foto dan teks – Peserta mampu mengetahaui beberapa alamat percetakan dan pemilihan harga |
6. |
Praktik produksi media sekolah |
||
7. |
Kunjungan media |
a. Profil dan kekhasan media yang dikunjungi b. Pengumpulan informasi, pengemasan informasi, produksi informasi |
– Peserta mengetahui profil dan karakteristik masing-masing media yang dikunjungi – Peserta bisa mendapatkan informasi, pengemasan, dan produksi suatu media |
Contoh Jadwal Pelatihan
1 hari
Target: Motivasi
Waktu |
Agenda |
Metode |
Keterangan |
|
|||
08.00-08.30 |
Orientasi |
Ceramah&tanyajwb |
Mot |
08.30-09.30 |
Pengantar Jurnalistik |
Cerdis |
|
09.30-11.30 |
Menulis berita & Praktek |
Cerdis & roll play |
|
11.30-12.30 |
Istirahat |
|
|
12.30-14.00 |
Menulis Artikel & Praktek |
Cerdis & roll play |
|
14.00-14.30 |
Pendalaman+desain |
Cerdis |
|
14.30-15.00 |
Penutupan |
|
All |
2 hari (pagi-sore)
Target: praktik dan skill
Waktu |
Agenda |
Metode |
Keterangan |
Hari-1 |
|||
07.30-08.00 |
pembukaan |
|
All |
08.30-09.00 |
Orientasi |
diskusi |
Mot |
09.00-10.00 |
Pengantar Jurnalistik |
|
|
10.00-10.30 |
Praktik+game |
Cerdis |
|
10.30-11.30 |
Menulis berita & Praktek |
Cerdis & roll play |
All |
11.30-12.30 |
Ishomabaca |
|
|
12.00-13.30 |
Pengetahuan desain media |
|
|
13.30-15.00 |
Praktik layout dan penugasan |
|
|
Hari ke-2 |
|||
08.00-09.30 |
Presentasi hasil |
|
All |
09.00-10.00 |
Petbaikan dan evaluasi |
|
|
10.00-11.30 |
Membuat rencana penerbitan |
|
|
11.30-12.30 |
Ishomabaca |
|
|
12.30-14.30 |
Konsultasi |
|
|
14.30-15.30 |
penutupan |
|
|
3 hari/bermalam atau dipadatkan
Target : produksi media
Waktu |
Agenda |
Metode |
Keterangan |
Hari-1 |
|||
14.00-14.30 |
pembukaan |
|
All |
14.30-15.00 |
Orientasi |
Ceramah&tanyajwb |
Mot |
15.00-15.30 |
istirahat |
|
|
15.30-17.00 |
Pengantar Jurnalistik |
Cerdis |
|
17.00-19.30 |
Ishoma |
|
All |
19.30-21.00 |
Menulis berita & Praktek |
Cerdis & roll play |
|
21.00-22.30 |
Nonton film “fredoom of writer” |
|
|
22.30-03.00 |
Menulis cerpen dalam mimpi |
|
|
Hari ke-2 |
|||
03.00-05.00 |
Reportase dengan Tuhan |
|
All |
05.00-06.00 |
Olahraga |
|
|
06.00-07.30 |
Bersih diri & sarapan |
|
|
07.30-09.00 |
Mengenal MS |
Cerdis & roll play |
|
09.00-09.30 |
games |
|
|
09.30-10.30 |
Ngobrol rubrikasi |
Cerdis & roll play |
|
10.30-11.00 |
games |
|
|
11.00-12.00 |
Menulis feature |
Cerdis & roll play |
|
12.00-13.00 |
Ishoma |
|
|
12.30-14.00 |
Praktek reportasi |
Roll play |
|
14.00-16.00 |
Membuat laporan |
|
|
16.00-17.30 |
Presentasi |
|
|
17.00-19.30 |
Ishoma |
|
|
19.30-20.30 |
Layout & desain |
|
|
20.30-22.30 |
Nonton film inspiratif |
|
|
22.30-03.00 |
Mimpi jadi wartawan.. |
|
|
Hari ke-3 |
|||
03.00-05.00 |
Reportase dengan malaikat shubuh |
|
|
05.00-06.00 |
Olahraga |
|
|
06.00-07.30 |
Bersih diri & sarapan |
|
|
07.30-10.00 |
Praktek Layout media |
|
|
10.00-11.00 |
RTL: rancangan MS |
|
|
11.00-12.00 |
Penutupan |
|
|
Catatan:
Peserta adalah guru, guru pendamping ekstrakurikuler, kelompok penggerak jurnalistik sekolah/komunitas.