materi training jurnalistik

SILABUS MATERI PELATIHAN PENDAMPING MEDIA SEKOLAH

No.

Materi

Sub materi

Target

1.

Orientasi

a. tujuan pelatihan

b. Disepakati jadwal pelatihan

c. Saling kenal antar peserta

Peserta mampu memahami tujuan, target dan alur dari pelatihan

Peserta dapat mengetahui dan mengikuti jadwal pelatihan

Peserta saling mengenal antar warga pelatihan

2.

Pemetaan/ invertarisasi pengalaman mengelola media/ jurnalistik

a. peta peserta dan pengalaman mengelola media sekolah/ jurnalistik

b. Dipahami hal-hal pokok tentang perintisan, penerbitan dan pengembangan kualitas media sekolah

Mengetahui peta peserta dan pengalaman mengelola media sekolah

Peserta mampu merintis media sekolah

Peserta mampu menerbitkan media sekolah

Peserta mengembangkan media sekolah

3.

Teori-teori media sekolah

a. Teori jurnalistik

b. Berita-feature-artikel: persamaan dan perbedaan

c. Bahasa Indonesia jurnalistik dan penyutingan

Peserta mampu memahami, pengertian, ruang lingkup, sejarah dan manfaat jurnalistik

Peserta mampu memahami jenis-jenis (berita, feature, artikel)

4.

Pendampingan media sekolah

a. Masalah-masalah yang dihadapi pendampingan

b. Materi-materi dalam pendampingan

c. Kesiapan dan kompetensi pendamping

Peserta mampu memetakan masalah-masalah yang dihadapi saat melakukan pendampingan

Peserta mampu menyiapkan materi yang dibutuhkan saat melakukan pendampingan

Peserta mampu mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan saat menjadi pendamping

5.

Produksi media sekolah (teori)

a. Dasar-dasar desain halaman

b. Tiga desain standar: A4, ½A4, alternatif (minimagz)

c. Membuat dummy

d. Menggabung foto dan teks

e. Cetak-mencetak dan pilihan harga

Peserta dapat melakukan pendasaian halaman

Peserta mampu memilih standar ukuran yang akan digunakan

Peserta mampu membuat dummy

Peserta mampu merangkai foto dan teks

Peserta mampu mengetahaui beberapa alamat percetakan dan pemilihan harga

6.

Praktik produksi media sekolah

7.

Kunjungan media

a. Profil dan kekhasan media yang dikunjungi

b. Pengumpulan informasi, pengemasan informasi, produksi informasi

Peserta mengetahui profil dan karakteristik masing-masing media yang dikunjungi

Peserta bisa mendapatkan informasi, pengemasan, dan produksi suatu media

Contoh Jadwal Pelatihan

1 hari

Target: Motivasi

Waktu

Agenda

Metode

Keterangan

08.00-08.30

Orientasi

Ceramah&tanyajwb

Mot

08.30-09.30

Pengantar Jurnalistik

Cerdis

09.30-11.30

Menulis berita & Praktek

Cerdis & roll play

11.30-12.30

Istirahat

12.30-14.00

Menulis Artikel & Praktek

Cerdis & roll play

14.00-14.30

Pendalaman+desain

Cerdis

14.30-15.00

Penutupan

All

2 hari (pagi-sore)

Target: praktik dan skill

Waktu

Agenda

Metode

Keterangan

Hari-1

07.30-08.00

pembukaan

All

08.30-09.00

Orientasi

diskusi

Mot

09.00-10.00

Pengantar Jurnalistik

10.00-10.30

Praktik+game

Cerdis

10.30-11.30

Menulis berita & Praktek

Cerdis & roll play

All

11.30-12.30

Ishomabaca

12.00-13.30

Pengetahuan desain media

13.30-15.00

Praktik layout dan penugasan

Hari ke-2

08.00-09.30

Presentasi hasil

All

09.00-10.00

Petbaikan dan evaluasi

10.00-11.30

Membuat rencana penerbitan

11.30-12.30

Ishomabaca

12.30-14.30

Konsultasi

14.30-15.30

penutupan

3 hari/bermalam atau dipadatkan

Target : produksi media

Waktu

Agenda

Metode

Keterangan

Hari-1

14.00-14.30

pembukaan

All

14.30-15.00

Orientasi

Ceramah&tanyajwb

Mot

15.00-15.30

istirahat

15.30-17.00

Pengantar Jurnalistik

Cerdis

17.00-19.30

Ishoma

All

19.30-21.00

Menulis berita & Praktek

Cerdis & roll play

21.00-22.30

Nonton film “fredoom of writer

22.30-03.00

Menulis cerpen dalam mimpi

Hari ke-2

03.00-05.00

Reportase dengan Tuhan

All

05.00-06.00

Olahraga

06.00-07.30

Bersih diri & sarapan

07.30-09.00

Mengenal MS

Cerdis & roll play

09.00-09.30

games

09.30-10.30

Ngobrol rubrikasi

Cerdis & roll play

10.30-11.00

games

11.00-12.00

Menulis feature

Cerdis & roll play

12.00-13.00

Ishoma

12.30-14.00

Praktek reportasi

Roll play

14.00-16.00

Membuat laporan

16.00-17.30

Presentasi

17.00-19.30

Ishoma

19.30-20.30

Layout & desain

20.30-22.30

Nonton film inspiratif

22.30-03.00

Mimpi jadi wartawan..

Hari ke-3

03.00-05.00

Reportase dengan malaikat shubuh

05.00-06.00

Olahraga

06.00-07.30

Bersih diri & sarapan

07.30-10.00

Praktek Layout media

10.00-11.00

RTL: rancangan MS

11.00-12.00

Penutupan

Catatan:

Peserta adalah guru, guru pendamping ekstrakurikuler, kelompok penggerak jurnalistik sekolah/komunitas.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s